Manfaat Pembersihan Anilox Roll Secara Berkala




Dengan tidak dilakukannya perawatan secara berkala terhadap anilox roll pada mesin flexo akan mengakibatkan tinta tidak tersalurkan dengan baik yang mengakibatkan hasil cetakan menjadi tidak sesuai dengan standarisasi.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukannya penjadwalan secara rutin untuk membersihkan anilox roll dengan prosedur yang sesuai dengan standar yang diberikan melalui pelatihan kepada tenaga kerja di lapangan sehingga kualitas print tetap terjaga, ROI dari pembelian anilox roll lebih akurat, serta perusahaan dapat bersaing lebih baik terhadap kompetitor lain.

Banyaknya debu serta serpihan-serpihan sisa hasil produksi membuat anilox roll tidak dapat bekerja dengan optimal, apabila dibiarkan semakin lama akan menyumbat sistem penyaluran tinta. Salah satu cara untuk membersihkan anilox roll dapat menggunakan cairan pembersih khusus anilox roll, dengan cairan pembersih ini segala macam kotoran yang terdapat di permukaan anilox roll lebih mudah untuk dibersihkan serta tidak merusak engraving yang terdapat di permukaan anilox roll. Keunggulan lain dari penggunaan pembersih khusus anilox roll apabila proses printing menggunakan tinta yang bersifat korosif, anilox roll menjadi tidak lebih mudah untuk berkarat terutama pada anilox roll yang berbahan dasar hard chrome yang pada saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke bahan dasar ceramic.